You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Kaji Budidaya Kepiting di Hutan Bakau
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

DKI Kaji Budidaya Kepiting di Hutan Bakau

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menerima komunitas Taman Hati Soko Tunggal 786, Kamis (10/12). Dalam pertemuan tersebut, Taman Hati Soko Tunggal mengusulkan pembudidayaan kepiting di hutan bakau di pantai pantai teluk Jakarta.

Kita akan kaji agar ini bisa jadi pilot project. Mungkin kita akan laksanakan di Pulau Seribu sebab perairan di sana lebih baik

Budidaya kepiting yang diusulkan memanfaatkan hutan bakau sebagai ekosistem. Untuk membesarkan bibit, setiap kepiting diberi wadah bentuk plastik yang ditempatkan di pohon bakau.

Ðjarot pun menanggapi positif dan akan mengkaji usulan tersebut.  "Kita akan kaji agar ini bisa jadi pilot project. Mungkin kita akan laksanakan di Pulau Seribu sebab perairan di sana lebih baik," ujarnya.

Budidaya Kepiting Soka di Jakut Harus Ditingkatkan

Dikatakan Djarot, untuk melakukan pemberdayaan, pihaknya akan melibatkan nelayan dan pemuda sekitar lokasi budidaya. Selain itu, budidaya kepiting di hutan bakau juga dapat mendukung ekowisata di Kepulauan Seribu.

Ketua Taman Hati Soko Tunggal 786, Ernawati Ratma mengatakan, pihaknya sejak 8 tahun lalu sudah memulai pola pembudidayaan kepiting di hutan bakau di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Hasilnya, sebanyak 6-7 ton kepiting dipanen setiap 4 bulan dari setiap hektare lahan hutan bakau.

"Selain memiliki sisi ekonomis, budidaya di mangrove juga dapat dijadikan ekowisata. Nantinya, wisatawan bisa diajak untuk memberi pakan kepiting," katanya.

Di samping budidaya kepiting, tambah Ernawati, pihaknya selama ini memperbanyak penanaman bakau sebagai ekosistem. Sedangkan untuk pembudidayaan, pihaknya memberdayakan pemuda korban narkoba sebagai bentuk rehabilitasi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1303 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1260 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1211 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1096 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye834 personFolmer